Alat Penghemat BBM Kendaraan Ala Joko Sutrisno

Naiknya harga bahan bakar tentu semakin menambah beban hidup terutama bila anda yang setiap hari menggunakan kendaraan. Namun demikian ada cara untuk menghemat pemakaian bahan bakar pada kendaraan mobil atau motor anda. Joko Sutrisno adalah orang yang telah menemukan teknologi tersebut. Satu liter bisa menghemat bahan bakar premium dan solar hingga 8 Km. Jika awalnya satu liter hanya menempuh jarak 12 Km maka dengan penambahan alat ini pada kendaraan anda maka satu liter bisa menempuh jarak hingga 20 Km,(Sinar Harapan,28 Mei 2008). Pertama kali saya melihat informasi ini di televisi pada tanggal 31 Mei 2008. Yang paling terekam di memori saya hanya nama pak Joko dan penghemat bahan bakar kendaraan dari air. tentu ini bukan yang lumrah sehingga saya penasaran dan mencari tahu di internet. Dari Sumber berita mengatakan Pak Joko tidak ingin membuat Hak Patennya, penemuannya ini diharapkan mampu meringankan beban masyarakat Indonesia.

Kendaraan anda akan mendapatkan asupan energi tambahan dari sebuah tabung elektrolizer yang berisi air (aquades) yang dicampur dengan zat kimia berupa Kalium Hidroksida (KOH) lalu ditambah reley (untuk mobil) atau diode (untuk motor) yang disambungkan ke Manifold, sebuah mobil atau motor.

Air aqua yang dihubungkan dengan elektroda agar unsur oksigen dan hidrogen dalam air tersebut terurai. Setelah itu, unsur hidrogennya yang mudah terbakar ditampung lalu diambil sebagai sumber tenaga.

Bila anda ingin membuatnya sendiri coba lihat gambar dibawah ini (Juga bisa di lihat di http://www.egmca.org)

Pak Joko yang tinggal di Yogyakarta ini sudah mencobanya, bahkan orang-orang berdatangan dari luar kota ke tempat pak Joko untuk minta dipasangi alat tersebut. Kalau anda terlalu jauh untuk ke Jogja, mengapa tidak mencobanya Sendiri?

Selamat Mencoba.

About these ads

128 comments

  1. @zoel Chaniago, Saya pribadi belum pernah mencobanya pak. Silahkan lihat juga situs yang terkait, tidak ada salahnya untuk mencoba, jelas berita ini bukan hoax,saya pernah lihat di liputan pagi sctv tgl 31 Mei 2008 tentang pak joko dan penemuannya tersebut. juga membaca di Sinar Harapan,28 Mei 2008. mungkin juga masih banyak di media massa lain. Terima kasih atas komentarnya pak.

    Suka

  2. kalau stainles steelnya berbentuk apa ? plat, tabung/selongsong, poros ? dimensinya berapa ?. Aquades itu air suling/ Aqua atau air aki wrn tutup biru ?

    Suka

  3. @Handi Mulyanto
    @Ber
    hehehe…pak Handi saya bukan pak joko.
    saya sengaja memposting dengan singkat info ini. saya pikir sangat berguna bagi banyak orang.
    pak Handi dan pak Ber boleh melihat dan bertanya langsung di http://egmca.org website Gerakan Cinta Air
    disitu ada yang berkompeten untuk menjawab secara detil. Terima Kasih

    Suka

  4. di televisi, saya melihat Pak Joko membuatnya dari bekas botol cuka. Mungkin perlu pabrikasi yang baik agar productnya benar-benar aman digunakan dan dapat lebih effisien lagi.
    Hydrogen yang ditambahkan ke bahan bakar memang meningkatkan effisiensi pembakaran. Teknologi sederhana yang tepat guna. Salut buat Pak Joko dan blog yang mewartakannya.

    salam

    Suka

  5. pak joko.
    elektrodanya bahannya apa,bisa bikin sendiri g trus kalu beli ada engga? balas di alamat ku yahh….. kutunggu

    Suka

  6. untuk perbandingan campuran KOH dan aquades, kira2 aja…
    disitulah fungsi lampu indikator. untuk tau KOH nya udah cukup apa belum, dari nyala lampunya. kalo lampunya udah nyala cukup terang, berarti KOH nya udah cukup…
    KOH terlalu banyak tidak akan membuat lebih irit atau tenaga lebih besar. terlalu banyak malah bisa bikin elemen katona/anoda lebih cepet keropos…
    katoda/anoda gunakan bahan stainless steel, bahan lain akan cepet keropos.
    begitulah kira2.. moga2 bisa membantu ^__^

    Suka

  7. Saya juga ingin tahu masuknya ke manifold itu bagaimana maksudnya? Apa ada alat khusus atau adaptor ke manifold? Manifold itu sendiri saya kurang tahu yang bagian mana, apa setelah karburator apa sebelum karburator? Kalau ada yang bisa menjelaskan saya sangat berterimakasih.

    Suka

    1. Manifull adalah bagian leher carburator…(antara carburator dan ruang bakar)…ada alat dijual di untuk menyambungkan bagian ini…klo untuntuk menambah tenaga biasanya di isi semacam gas…

      Suka

  8. sekedar info saja. bagi yang mau pasang alat spt pny pak joko yg berada di daerah semarang. bs pesan di no (024)76740002 / 085640797620.Utk mobil dan motor 4 tak

    Suka

  9. Dear Pak Joko,

    Nama saya EMIL, berdomisili di kota Makassar SULSEL, saya menggunakan mobil toyota hardtop bensin 4200 cc tahun 1979, sangat boros. Saya sangat tertarik utk menggunakan alat penghemat BBM seperti yg bapak buat. Sekarang saya mencoba merakit beberapa alat tersebut. Pertanyaan saya :
    1. Berapa buah alat tersebut dibutuhkan utk mobil dgn cc besar (toyota hardtop)
    2. Apakah harus menggunakan kalium hidroksida, gimana kalau menggunakan sodium bikarbonat (baking soda).
    Mohon segera tanggapannya, saya sangat mengharapkan advice bapak.
    CP : M EMIL YUSUF
    081 75030677

    Suka

  10. kemarin aku dah pasang alat dari pak joko ini. Pada waktu itu didemonstrasikan bagaimana cara kerja alat tersebut. dan memang, gas hidrogen yang keluar dapat menimbulkan ledakan. tetapi yang perlu kita perhatikan adalah, alat yang digunakan pak joko untuk demo mempunyai luas penampang untuk katoda dan anoda yang terbuat dari lilitan sehingga luas penampangnya pun semakin luas dan gas hidrogen yang dihasilkan lebih banyak.
    Sedangkan yang dipasang di mobil atau motor hanya menggunakan stainleestell kecil sehingga gas yang dihasilkan juga tidak terlalu banyak.

    Suka

  11. Saya sedang eksperiman juga dengan pembuatan HHO generator, sekedar Share :
    1. Kalau dari pengalaman, sebaiknya katalisatornya menggunakan, baking soda (ramah lingkunan) dengan perbandingan 1 liter + setengah sendok makan s/d satu sendok makan, dan tidak direkomendasikan (KOH, Red Devil, Lye, Drano, dll).
    2. Penggunaan stainless steel dengan tipe yang tahan korosif(baik kawat maupun besi.
    3. Penggunaan lampu pada skema diatas, bisa diganti dengan sekring 3A-20A tergantung cepat atau lambatnya menghasilkan gas dan besarnya ampere aki contoh 3A x 12V = 36 watt jam, kadang kalo ampere dari HHO generator terlampau besar aki bisa tekor, tolong di perhatikan.

    Hasilnya :
    a) Menggunakan 7.5 Amps 12 Volts DC, menghasilkan 100 mL gas Per menit.

    b) 5 Amps 50 ml , 43 detik

    c) 10 amps, 50 mls , 21 detik

    d) 15 amps, 400 mls , 115 detik

    e) 20 amps, 50 mls , 10 detik

    Untuk kendaraan dengan kapasitas 1000 CC, bisa menggunakan HHO generator dengan kapasitas 700 ml air, tingal dikalikan berapa kebutuhan HHO generator disesuaikan dengan CC mobil/motor.

    4. Masukkan selang ke dalam air flow, supaya tidak melakukan bor intake manifold ataupun air flow, bisa mencari T sebesar selang pembuangan uap oli yang masuk ke dalam air flow.

    Suka

  12. motor saya suzuki shogun 110 th 1996 setelah menggunakan tabung hydrogen untuk 1 liter bensin bisa menempuh jarak 120 km dengan kecepatan 60 km/jam bebas hambatan.Sebelumnya hanya bisa menempuh jarak untuk 1 liter bensin 65 km.Setelah saya bertemu dengan pak Joko beliau mengatakan bahwa dari 1 liter bensin yang kita gunakan itu hanya 80 % persen yang terbakar di mesin,sisanya 20 % akan menjadi arang deposit hitam yang akan membuat kotor piston,klep dan busi.Bensin itu kandungannya C8 H12 artinya bila kita menggunakan tabung tsb nilai H12 akan meningkat menjadi H14 dan akan membakar sisa 20 % yang tadi.Hasil uji emisi kemarin terbukti yang menggunakan tabung hydro tsb lebih rendah kadar emisinya dibanding yang tidak menggunakan tabung hydro.Hasil uji tendangan piston,uji ledakan,uji oktan sudah bisa dibuktikan bahwa gas hydrogen itu lebih unggul dari pada bensin dan pertamax.Untuk melihat buktinya silahkan datang saja ke alamat pak Joko di jalan Hos Cokroaminoto no.76.Bila ada yang berminat bisa pesan saya di 081328590309/sms nanti tabungnya akan saya kirim via paket.Salam

    Suka

    1. Bro Budi,bisa saya tahu No HP Bro Joko.Saya ingin pasangkan alat tersebut di mobil kijang super saya.Biar tidak boros.Kalau ada No HP Bro Joko mohon di info ke No HP saya 021-37239900.Terima kasih Bro Budi…….

      Suka

  13. saya udah lama tertarik cuma belum bisa pasang karena tidak ada lubang angin di intake trus harus dimana?, untuk elektroda jika melihat di youtube memakai lilitan kawat mana yang baik?

    Suka

  14. pak sy mau tny apakah alat ini setiap hari kita isi air terus, bagaimana cara kerjanya unt pemakaian setiap harinya, apa perawatan yg perlu diperhatikan unt setiap harinya? mohon unt jawabanya terima kasih.

    Suka

  15. pak, saya mau tanya kalo motor yang tidak ada manifold disambung kemana?dan saya sudah coba ke motor vega ternyata menimbulkan percikan api di bagian aki,itu kenapa ya apa karena dioda nya?dimana bisa didapatkan elektroda tersebut?terima kasih

    Suka

  16. aku dah bisa buat alat ini makasih pak dah aku aplikasikan di motor MIO CW tahun 2006 walau bahan sederhana. tabung dari Pralon, dan alat2 aquarium. cuman airnya aku beli di apotik (bentuknya seperti infus isi 1 liter harga Rp 10.000) yang kucek ternyata isinya bukan h2o tapi h2o2, bagaimanapun juga pembakaran butuh oksigen.
    Buat Pemakai Motor kusarankan ditambah pakai reelay..!!
    buat heater bensin sekalian lumayan walau cuman nambah 5 km aja.
    1. Standar Mio cek awal sebelum pemakain 38Km / Liter
    2. Kupakai Combo Heater bensin bisa naik 43Km / Liter
    3. Kupasang Alatnya JS (Joko Sutrisno) Naik 55Km / Liter
    4. Kurubah Sistem Kabel Dan Kumparan (Lilitan), Naik 57Km / Liter
    5. Aki lama 8v aja, ku ganti dengan aki baru 12v….tapi kok kluarnya di alat cuman 10v…mayan naik 64 Km / Liter
    6. Kupasang Reelay sehingga suplay listrik di dua alat JS dan Heater sempurna, Sep memuaskan naik 70 Km / Liter.
    7. Kurubah Air Suling (h2o) menjadi h2o2 (ndak tau namanya), ini finalku saat ini dan naik menjadi 75 Km / Liter.
    8. Rencana merubah dan membuat sistem saluran udara masuk vacum udara dengan memasang alat pendingin dan alat filter unsur air di saluran udaranya sebelum masuk filter udara. belum buat jadi blum tahu hasil akhir.

    NB : Tes Jalan kecepatan 60 km / jam tanpa hambatan.

    Suka

  17. Bagus …trim kepada Bapak Joko Sutrisno
    saya sudah nyoba alat ini pada mobil Jet Star, dan terbukti BBM jadi irit, kemudian Gas jadi tambah ringan ini betul-betul kenyataan
    sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada bapak Joko Sutrisno

    Suka

  18. Saya gunakan alat pengirit dari P joko kendalanya kendaraan setiap ada goncangan karena air masuk ke selang kemudian masuk ke ruang bakar ini yang menyebabkan kendaraan mati

    Suka

  19. Pak ga usah pakai KOH dan kimia lainnya sudah ada metode multi cell. tel di 021 91303345 / 021 91499472 dengan aditya. Dalam hal ini kami tengah mengembangkan motor hidup dengan methode ini karena kami telah menemukan cara agar air tidak panas dan awet untuk keperluan ini. Kalau pakai methode pak sutrisno harus hati hati dengan aki pak, maaf…, bisa ga awet tahan lama karena strum voltase turun terus.

    Suka

  20. Salam,

    Anda membutuhan atau mencari alat penghemat BBM? Untuk Kompor LPG/elpiji, motor, mobil, kapal, industri? Untuk bensin, solar/HSD, BioFuel, elpiji, HFO, dll. XPower solusinya.

    Selengkapnya di Web: http://www. xpower-engineup.com
    Kontak:Zaenul Arifin – 08563074227

    Suka

  21. XPower adalah sebuah alat ionizer BBM/ BBG modern, penghemat BBM yang mampu memenuhi keinginan konsumen dalam meningkatkan performance mesin kendaraan dan mesin-mesin lainnya, dapat menghemat BBM dan mengurangi polusi gas buang. Penghemat BBM buatan nak bangsa.

    Berminat menjadi agen/reseller?

    Kontak: Zaenul Arifin, HP: 08563074227, Web: http://www.xpower-engineup.com

    Suka

  22. Wah Mas Aditya, saya juga lebih condong ke Multi cell, karena lebih safety. tp kok lebih ribet ya????. Mas Adit ini alamatnya di mana ya?

    Suka

  23. P. Joko saya ada pertanyaan sedikit, saya mohon bisa sgera dijawab (maaf rada telat infonya):
    – Sebagai Katalisator disebutkan bpk menggunakan sendok/garpu/plat stainless steel, pertanyaannya kalau katalisator tadi langsung menggunakan BAUT STAINLESS yang agak panjang (yg penting msh sisa dari tinggi tabung reaksi) bgm bisa apa nggak?
    – Unt mesin Diesel diatas 2500cc sebaiknya menggunakan berapa tabung pak?
    – Selain Baking Soda/Soda Kue, bisa menggunakan apalagi pak (yg umum dipasaran)?

    Matur Nuwun

    Suka

  24. Kendaraan anda akan mendapatkan asupan energi tambahan dari sebuah tabung elektrolizer yang berisi air (aquades) yang dicampur dengan zat kimia berupa Kalium Hidroksida (KOH) lalu ditambah reley (untuk mobil) atau diode (untuk motor) yang disambungkan ke Manifold, sebuah mobil atau motor. Maksudnya bagaimana ya?

    Suka

  25. XPOWER dapat digunakan pada mesin mobil, sepeda motor (2 tak maupun 4 tak) dan mesin lainnya yang berbahan bakar bensin, solar/HSD, bioFuel, HFO, dll. Alat dapat dipasang pada saluran BBM sebelum ataupun sesudah filter BBM.

    Suka

  26. Mas,
    Saya adrianus dari pontianak. saya sangat tertarik mendalami alat bahan bakar air temuan pak joko sutrisno. karena itu saya akan pergi ke yogya menemui pak joko untuk belajar. Mohon bantu saya dimana alamat dan nomor telepon pak joko. tolong infonya dikirim ke email amit.adrianus@gmail.com atau sms ke HP 085654467134

    Demikian mas, terima kasih atas perhatian dan pertolongannya.

    Salam

    Adrianus

    Suka

  27. pak minta spesifikasi pada elektrodanya>
    bentuk nya apa?
    Jika silinder diameternya berapa dan panjangnya berapa?

    terima kasih…

    Suka

  28. salam kenal … wah mantap juga ya saya pingin coba …. kok sekarang kelihatannya nga diproduksi massal ya … dan saya perhatikan di jakarta jarang yang pada pakai ya …???? ..

    Suka

  29. q mo tanya. q dl dh pernah pasang HHO generator, masalahnya ketika motor jatuh air dari tabung elektrolisis masuk ke ruang bakar jadinya mesin susah dinyalakan setelahnya. apa ada yg jualan HHO generator yg praktis dan bisa nyegah air masuk ke ruang bakar? thanks.

    Suka

  30. mas saya juga tinggal di yogyakarta,,
    saya mw tw alamat lengkap pak jokko dmn dong ??
    atau web yg terkait..
    jawabannya kirimn lwt email saya ja ya pak..
    mksih sblmnya..

    Suka

  31. pak joko kaulo nyuwun no hp panjenengan, kaulo badhe pasang alat hemat bbm dateng panjenengan. sms kemawon wonten 024 70461636…matur sembah nuwun pak joko sugeng mahayu bawono

    Suka

  32. lha piye to aku bikin pake sedikit soda kue pertama bisa meletup kusulut pake korek tapi yg kedua kutambah garam satu sendok makan hasil gelembungnya sih banyak banget tp setelah kusulut pale korek api kok cumaan mak bbleeessssssssssss gitu ajah dech wah ngeluu sirahku dadine piye iki kang kanggg

    Suka

  33. Mas udah coba buat alat tersebut dengan menggunakan pipa stainless 2 biji panjang kira2 10cm. Tabung menggunakan Botol minuman anak,selang output saya kasih air sabun ada gelembung,tp setelah saya sulut pake korek gak menyala seperti gelembung biasa aja,mak blesss… Trus coba masuk ke intak manifol mobil jg motor ada gelembung tersedot tp mesin biasa aja,gak ada perubahan di mesin. Sudah saya coba tambahin soda,air,saya kurangin tp tetep aja selang output gak bisa terbakar,kira2 kurang gimana,tolong ya pak atau mas mas senior solusinya… Trims.

    Suka

  34. Pak saya udah coba buat alat tersebut dengan menggunakan pipa stainless 2 biji panjang kira2 10cm. Tabung menggunakan Botol minuman anak,selang output saya kasih air sabun ada gelembung,tp setelah saya sulut pake korek gak menyala seperti gelembung biasa aja,mak blesss… Trus coba masuk ke intak manifol mobil jg motor ada gelembung tersedot tp mesin biasa aja,gak ada perubahan di mesin. Sudah saya coba tambahin soda,air,saya kurangin tp tetep aja selang output gak bisa terbakar,kira2 kurang gimana,tolong ya pak atau mas mas senior solusinya… Trims.

    Suka

  35. mas bagus ,cari situsnya ravi cell jangan pakai air sabun tp pakai air suling(air accu),n kita juga harus pakai circuit pengendali untuk hdrogen boosternya

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s